Berita  

Pelayanan Cuci Darah atau Hemodialisa di RSUD Akhirnya Terwujud

banner 1024x768

BERITA ETAM, SANGATTA – Pelayanan cuci darah atau Hemodialisa (HD) di Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Kudungga akhirnya terwujud. Setelah dilakukan visitasi oleh tim HD langsung dari Kementerian Kesehatan Republik Indonesia (Kemenkes RI), pada 28 Juni 2022 lalu.

Sebelumnya, tim Perhimpunan Nefrologi Indonesia (Pernefri) Koordinator Wilayah Sulawesi Selatan, juga telah melakukan visitasi ke RSUD Kudungga pada 7 Januari 2022 lalu. Dari kunjungan itu Pernefri telah mengeluarkan rekomendasi untuk melakukan operasional Hemodialisa.

“Dari visitasi kemaren yang dilaksanakan oleh tim HD dan tim hukum Kemenkes, Pernefri Sulsel, Dinas Kesehatan Kaltim dan Kutim. Alhamdulilah kesimpulannya tim HD RSUD Kudungga disetujui untuk melakukan operasi Hemodialisa, baik itu HD maupun CAPD,” terang Direktur RSUD Kudungga dr. Yuwana Sri Kurniawati.

Sembari menunggu sertifikat dari Kemenkes keluar, pihaknya melakukan sedikit pembenahan secara administratif. Dibarengi dengan mengurus kerjasama dengan Badan Penyelenggara Jaminan Sosial (BPJS) Kesehatan, agar masyarakat yang menggunakan layanan Hemodialisis dapat terlayani secara gratis.

Berdasarkan persyaratan terbaru dari Kemenkes, selain memiliki unit Hemodialisa rumah sakit juga diharuskan menyiapkan Klinik CAPD (Continuous Ambulatory Peritoneal Dialysis) yang dikhususkan untuk pasien gagal ginjal kronis.

“Pasien kronis tidak perlu lagi dilakukan cuci darah seminggu 2-3 kali, cukup melakukan pemasangan alat CAPD di Rumah Sakit AWS Samarinda, kemudian sebulan sekali bisa control di RSUD Kudungga untuk diberikan obat dan cairan sehingga pasien bisa melakukan penggantian cairan sendiri di rumah ,” jelas Direktur saat ditemui pada (29/06/2022).

CAPD atau yang lebih dikenal dengan prosedur cuci darah tanpa mesin, dimana nantinya pasien dapat melakukan secara mandiri di rumah. “Sehingga ini sangat menolong bagi pasien dengan gagal ginjal kronis. Nanti akan kami infokan kapan launching nya,” imbuhnya.(*/etm2/adv)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.