Berita  

Di Festival Literasi 2022, Dinkes Kutim Gelar Vaksinasi Dasar Anak

banner 1024x768

SANGATTA- Festival Literasi yang digagas oleh Rumah Dongeng Etam Sangatta dimanfaatkan Dinas Kesehatan Kabupaten Kutai Timur (Dinkes Kutim) untuk melakukan vaksinasi Covid-19 dan Vaksinasi dasar bagi anak yang bertempat sebelah kanan Ruang Akasia GSG Kawasan Bukit Pelangi Sangatta,Minggu (3/7/2022).

Maya salah satu staff dari Dinkes Kutim menjelaskan, kegiatan vaksinasi yang bekerjasama dengan Badan Intelijen Negara (BIN) melaksanakan vaksinasi Covid-19 mulai dari dosis pertama hingga ketiga (Booster) dirangkai dengan vaksinasi tambahan bagi anak umur 9 bulan sampai 12 tahun untuk meningkatkan kekebalan tubuh anak.

“Jadi karena pandemi ini, ada penurunan jumlah vaksinasi dasar bagi anak, makanya kami gencar untuk terus memberikan imunisasi bagi meraka, ” ucapnya.

Lebih jelas, BIAN merupakan program yang dicanangkan oleh Kementerian Kesehatan untuk menggenjot cakupan imunisasi rutin anak yang sempat menurun selama pandemi COVID-19.

Kegiatan yang dilaksanakan selama satu bulan dan dilakukan secara bertahap ini akan dilakukan di seluruh provinsi di Indonesia. untuk Kaltim masuk dalam program tahap pertama pelaksanaan bersama pulau Sumatera, Sulawesi, Nusa Tenggara, Maluku dan Papua.

“Mulai dari imunisasi Campak Rubela dan imunisasi kejar (OPV, IPV dan DPT-HB-Hib),” tambahnya.

Selain itu, sebagai upaya untuk meningkatkan jumlah penerima vaksin dan upaya pencegahan, Dinkes juga gencar membuka gerai vaksinasi di beberapa lokasi terutama di tempat fasilitas publik.

Hal itu perlu dilakukan, mengingat, capaian vaksinasi dasar yang di targetkan Dinkes Kutim baru masuk di angka 48 persen dari target yang ditetapkan sebesar 95 persen hingga akhir Desember.

“Dengan adanya kegiatan semacam ini kami berharap bagi orangtua yang anaknya belum mendapatkan vaksinasi dasar, agar bisa segera datang ke pelayanan kesehatan terdekat,” pintanya. (G-S08).

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.