Berita  

Dera Bersyukur dan Terharu Bisa Jadi Pemenangan Dinda Budaya Kaltim 2022

banner 1024x768

BERITA ETAM, BERAU – Dera Fiorentina Agatha, gadis belia berparas cantik asal Desa Miau Baru, Kecamatan Kongbeng, Kabupaten Kutai Timur (Kutim), yang menjadi pemenang dalam Pemilihan Dinda Budaya tingkat Provinsi Kalimantan Timur (Kaltim) yang digelar oleh Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Provinsi Kaltim, di Bumi Segah Hotel, Kabupaten Berau, tanggal 3-5 Agustus 2022, sangat mengucap syukur atas prestasi yang ia capai.

“Segala Puji Syukur kepada Allah Bapa di Sorga karena semua capaian ini adalah oleh karena kasih dan karunia Tuhan kepada saya,” ucap anak sulung dari pasangan Yusni Sofian dan Endang Norwati ini.

Dera yang baru duduk di kelas 12 SMA Negeri 1 Kongbeng ini mengaku bahagia dan terharu. Karena semua perjuangan yang ditempuh untuk mencapai seorang Dinda Budaya ditingkat Provinsi Kaltim itu bukanlah hal yang mudah.

“Karena saya harus jauh dari adik saya yang masih berumur 10 tahun dan kedua orang tua saya yang saya cintai selama 10 hari, mengikuti masa pembekalan hingga karantina di Sangatta,” tutur gadis keturunan suku dayak Kayan, Miau Baru ini.

Namun dengan tekad yang besar, semangat dan cita-cita yang kuat serta dukungan dari semua pihak, sehingga bisa membuahkan hasil yang memuaskan yakni terpilih menjadi Dinda Duta Budaya Kaltim Tahun 2022.

“Sekali lagi terima kasih kepada semua pihak dan Pemerintah Daerah Kabupaten Kutai Timur, serta bapak dan ibu pembina dari Kutim yang sangat luar biasa dan telah berhasil membimbing kami semua sampai pada tahap ini. Terima kasih juga kepada rekan-rekan finalis dari Kutim Reza dan Shafa (Pasangan Kutim 2) yang sangat luar biasa, dan terlebih kepada kanda Handy Wijaya (Pasangan Dera Kutim 1) yang telah begitu banyak membantu saya dalam kesulitan selama masa pembekalan, kiranya Tuhan selalu memberkati kehidupan kalian semua,” tutur remaja, kelahiran Miau Baru, 6 Februari 2006 lalu ini.

Ia berharap dengan terpilihnya Kanda dan Dinda Duta Budaya Kaltim Tahun 2022 dapat menjadi suatu akses baginya untuk ikut serta berperan dan berpartisipasi secara langsung bersama dengan pemerintah di dalam upaya mencapai cita-cita pembangunan di bidang kebudayaan di Kalimantan Timur, bisa lebih maju dan mampu bersaing dengan daerah-daerah lain di Indonesia.

“Kedepan kami masih sangat berharap dukungan dari kita semua setelah pencapaian ini. Karena kami masih akan berjuang mewakili Kaltim ke kancah Nasional tahun depan (2023) dan tentu itu juga bukan suatu hal yang mudah bagi kami hadapi. Untuk itu, kami sangat mengharap dukungan dari semua, agar apa yang kita semua cita – citakan dapat kita raih dan capai sesuai dengan kehendak Tuhan. Amen,” harapnya.Dera bersama kedua orang tuanya Yusni Sofian dan Endang Norwati

Sementara itu, Yusni Sofian (ayah) orang tua dari Dera Fiorentina Agatha mengaku bangga atas apa yang dicapai oleh putri tercintanya itu, sebagai Dinda Duta Budaya Kaltim Tahun 2022 ini.

Ia berharap keberhasilan itu, dapat menarik minat dan bakat serta memicu semangat generasi-generasi muda Kabupaten Kutim, agar mampu mengukir lebih banyak lagi karya-karya dan prestasibi, guna mendukung kemajuan di berbagai bidang pembangunan Sumber Daya Manusia (SDM).

“Dan bukan hanya dibidang kebudayaan saja karena banyak lagi bidang-bidang lainnya yang juga tidak kalah penting untuk kemajuan daerah dan bangsa ini di masa yang akan datang,” ujar Yusni yang juga selaku Ketua Himpunan Pemuda Seni Budaya Suku Dayak Kayan (HP2SB-SDK) Desa Wisata Budaya Miau Baru ini.

Karena kebudayaan merupakan salah satu bidang yang dibina selama ini. Salah satu hasil binaan itu, adalah Dera Fiorentina Agatha, yang setidaknya telah mencapai keberhasilan di tingkat Provinsi Kaltim ini.

“Karena kegiatan ini tidak hanya menampilkan tentang suatu keindahan atau keunikannya saja dalam dalam wajah budaya dan kehidupan tradisi, tapi juga mampu mencetak generasi muda yang kreatif, kompetitif, berprestasi dan Intelektual untuk kemajuan daerah kita dan bangsa ini di masa depan,” tuturnya.

Ia juga tak lupa mengucapkan terima kasih yang sedalam-dalamnya kepada seluruh pihak yang telah mendukung anak-anak Kutim dalam kompetisi itu, sehingga mampu memperoleh hasil yang begitu memuaskan.

“Dan saya kira itu tidak terlepas dari dukungan do’a dari kita semua. Secara khusus kami juga berterimakasih yang sedalam – dalamnya kepada Kabid Kesenian Tradisi dan Perfilman Dinas Kebudayaan Kutim Hendra Ekayana dan jajarannya, yang begitu luarbiasa semangat mendidik dengan penuh kesabaran dalam membimbing anak-anak kita dari Kutai Timur hingga berhasil di tingkat Provinsi Kalimantan Timur di ajang pemilihan Duta Budaya Tahun 2022 ini,” sebutnya.

Diketahui Dera barpasangan dengan Kanda Duta Budaya Kaltim Tahun 2022 yaitu Rahman dari Kabupaten Paser.(etm2)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.