Berita  

Puncak Peringatan Hari HIV AIDS Sedunia, KPAD Kutim Gelar Seminar Perempuan

banner 1024x768

SANGATTA- Seminar Perempuan menjadi acara puncak peringatan hari HIV AIDS Sedunia (HAS) tahun 2023. Acara yang di gagas oleh Komisi Penanggulangan AIDS Daerah (KPAD) Kabupaten Kutai Timur (Kutim) bekerjasama dengan mitra kerjanya di sektor swasta pada Kamis (19/01/2023).

Kegiatan yang di gelar di ruang Akasia Kantor Bupati ini mengambil tema “Kerentanan Perempuan Terhadap Ancaman HIV” dibuka oleh Asisten Pemerintahan dan Kesejahteraan Rakyat (Pamkesra) Poniso Suryo Renggono mewakili Bupati yang berhalangan hadir.

Dalam sambutanya, Poniso biasa ia disapa mengatakan, Tema HAS tahun 2022 adalah Cegah HIV, Satukan Langkah, Semua Setara, Akhiri AIDS, sangat relevan dengan permasalahan perkembangan kasus HIV di Indonesia, khususnya di Kutim.

“Untuk tahun ini tujuan peringatan HAS 2022 adalah mengajak keterlibatan perempuan, anak dan remaja dalam mencegah infeksi dan penularan HIV-AIDS,” ujarnya di hadapan ketua harian KPAD Kutim Kutim Harmaji Parto Darsono serta puluhan peserta yang hadir.

Selain itu, jumlah kasus HIV dari kalangan Ibu Rumah Tangga di Kutim saat ini menduduki peringkat kedua setelah karyawan swasta dan perempuan Pekerja Seks yang menempati posisi ketiga. Melihat permasalahan ini, sambung Poniso, meskipun perempuan tidak melakukan perilaku yang menyimpang, tidak selingkuh, tidak berganti-ganti pasangan, selalu setia kepada satu pasangan yang sah, tetap rawan terhadap ancaman HIV.

“Untuk itulah melalui seminar ini, diharapkan dapat memberi Inspirasi serta mengetahui sejak dini kepada para Ibu untuk untuk melakukan sesuatu agar keluarganya dapat terbebas darl ancaman penyakit yang sampai sekarang belum ada obat yang mampu mematikannya,” imbuhnya.

Saat ini, Pemerintah memprioritaskan tiga penyakit, yaitu AIDS, Tuberkulosis atau TB dan Malaria atau disingkat penyakit ATM. Ketiga penyakit Ini secara global telah ada Komitmen untuk dieliminasi pada tahun 2030. Untuk itu diharapkan bekal pengetahuan tentang ketahanan keluarga. Selain itu dirinya juga memberikan apresiasi kepada seluruh stekholder khusunya pihak perusahaan yang ikut berperan aktif dalam upaya mencegah penyebaran HIV dengan melakukan pemeriksaan seluruh karyawanya.

Sebelumnya ketua panitia Seminar, Rahmani mengatakan, kegiatan ini merupakan puncak peringatan HAS tahun 2022 yang sebelumnya di isi dengan berbagai kegiatan di mulai dengan sosialisasi pencegahan dan penanggulangan HIV dimulai dari remaja yang ada di tingkat Sekolah hingga ke perusahaan, aksi donor darah dan Talk Shaw diberbagai radio tentang HIV AIDS.

“Sosialisasi kali ini mengundang narasumber Ketua Pusat Pembelajaran Keluarga (PUSPAGA) Kutim, ibu Nurika Nugraheni yang di ikuti oleh peserta dari berbagai organisasi perempuan yang ada di Kutim.” pungkasnya. (G-S08)

banner 1024x768

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *