Berita  

Kaltim Dipilih sebagai Lokasi Rapimnas 2023

banner 1024x768
BERITA ETAM, BALIKPAPAN – Provinsi Kalimantan Timur (kaltim) dipilih sebagai lokasi pelaksanaan Rapat Pimpinan Nasional (Rapimnas) Persatuan Insinyur Indonesia (PII) tahun 2023. Kaltim dipilih menjadi lokasi pelaksanaan Rapimnas karena sesuai dengan tema yang diusung yaitu pembangunan Ibu Kota Negara.
“Kaltim telah mempersiapkan diri sebaik-baiknya. Kegiatan ini didukung penuh oleh Pemerintah Provinsi Kaltim dan juga Pemerintah Kota Balikpapan. Kami menyampaikan terima kasih atas partisipasi berbagai pihak untuk mensukseskan Rapminas PII,” ucap Hetifah Ketua Panitia Pelaksana Rapimnas sekaligus Wasekjen PII, Ir Hetifah Sjaifudian.
Sejumlah menteri hadir secara langsung maupun melalui via zoom dalam agenda akbar itu. Seperti Menteri Perencanaan Pembangunan/Kepala Bappenas Suharso Monoarfa yang hadir sekaligus membuka Rapimnas PII yang dihelat di Hotel Novotel Balikpapan, Kamis (20/1/2023). 
Turut hadir secara zoom amenteri Koordinator Bidang Perekonomian, Airlangga Hartarto. Menteri lain, Menteri Koordinator Kemaritiman dan Investasi Luhut Binsar Pandjaitan, Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi (offline), Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Sandiaga Uno, Menteri Kelautan dan Perikanan Sakti Wahyu Trenggono, serta Perwakilan Otorita IKN.
Hetifah juga menyampaikan selain Rapimnas PII, delegasi akan mengunjungi beberapa titik di IKN. Para delegasi akan mengunjungi Titik Nol IKN Nusantara, permukiman pekerja, serta kawasan istana negara.
Sementara itu, Ketua Umum PII, Ir Danis Hidayat Sumadilaga yang juga merupakan Ketua Satgas Pembangunan IKN menambahkan Rapimnas diikuti sebanyak 500 peserta yang terdiri dari pengurus wilayah dan cabang PII berbagai daerah dan juga Badan Kejuruan (BK) meliputi teknik sipil, teknik industri, teknik elektro, teknik mesin, kewilayahan dan perkotaan, teknik arsitektur, teknik fisika, teknik geodesi, teknik informatika, teknik kebumian dan energi, teknik kehutanan, teknik kimia, teknik lingkungan, teknik material, metalurgi, teknik perkeretaapian, teknik perminyakan dan geothermal, teknik pertambangan, teknik pertanian. teknik peternakan, teknologi kedirgantaraan, dan teknologi kelautan.
Danis menjelaskan, Rapimnas tersebut dalam rangka melakukan konsolidasi organisasi baik dipengurusan tingkat pusat, wilayah dan cabang di seluruh Indonesia. Serta menjabarkan, mengevaluasi program kerja dan untuk memberikan rekomendasi-rekomendasi strategis terkait fungsi dan peran organisasi tersebut. Sesuai dengan amanah AD/ART, bahwa PII akan menggelar Rapimnas sekali dalam setahun, yang akan diikuti oleh perwakilan seluruh elemen kepengurusan, baik ditingkat pusat, wilayah, maupun cabang-cabang.
 
 
Pemilihan Balikpapan Kalimantan Timur sebagai tuan rumah Rapimnas PII 2023, menjadi sangat penting untuk menunjukan kuatnya profesi keinsinyuran melalui PII, yang berperan aktif dalam pembangunan IKN (Ibu Kota Negara).
 
 
Sebagaimana dengan tema yang disampaikan Ketua Umum PII, Danis Hidayat Sumadigala atas tema yang diusung yakni Mengukuhkan Peran Nyata dan Kontribusi Persatuan Insinyur Indonesia dalam Pembangunan Ibukota Negara di Kalimantan Timur.
 
Selain itu, pembangunan IKN juga di visikan jauh ke depan, yakni membangun sebuah kota yang berkelanjutan. Dirancang selaras dengan alam lingkungannya, terhubung, aktif, mudah diakses, sirkuler, tangguh, dan rendah karbon. Sehingga IKN nantinya, harus bisa menjadi simbol identitas bangsa kita dan menjadi penggerak ekonomi negara dimasa depan melalui tekhnologi dan inovasi.
 
“Kami sangat berharap Rapimnas PII dapat menghasilkan pemikiran-pemikiran dan inovasi dari kalangan insinyur. Sekaligus memberika kontribusi nyata dari para insinyur berbagai bidang keahlian pembangunan IKN Nusantara,” ucap Danis.
Sementara dari Kabupaten Kutai Timur (Kutim) hadir Ketua DPC PII Kutim, Ir. Masrianto Suriansyah.ST.,MM., IPM., ASEAN. Eng
Sekretaris, Ir.Iwan Toro. S.Hut dan
Anggota Pengurus PII Kutim Ir. Denny Darmawan,ST.(*/etm2)
banner 1024x768

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *