Berita  

Masih Bertahan di Politik, Laila Sebut Peran Perempuan di Kursi Dewan Samarinda Masih Minim

BERITA ETAM, SAMARINDA – Minimnya keterlibatan perempuan dalam politik di Indonesia, khususnya Kota Samarinda menjadi sorotan.

Pasalnya, tidak banyak kursi dewan Samarinda yang diisi oleh politisi perempuan. Hal itu juga disoroti oleh Anggota Komisi II Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kota Samarinda, Lalila Fatihah.

“Perempuan memiliki peran kunci dalam pembentukan kebijakan, banyaknya wakil rakyat perempuan dapat mendukung kemajuan pembangunan dan partisipasi perempuan,” kata Laila, Selasa (13/2/2024).

Beberapa poin diatas kemudian menjadi cerminan adanya keadilan dalam demokrasi yang sedang berjalan. Memang, partisipasi perempuan di DPRD Samarinda masih dibawah harapan. Sementara peran mereka sangat esensial dalam mendukung perkembangan wilayah.

Maka dari situ, pihaknya berkomitmen agar terus mendorong keterlibatan perempuan dalam dunia politik Samarinda. Dia juga yakin perempuan bisa berkontribusi dalam pilar utama.

“Maka dari itu, perempuan di Samarinda harus bisa untuk mengambil peran lebih aktif dalam ranah politik, mengisi kekosongan perwakilan yang lebih besar,” urainya.

Sebab, kebutuhan akan kehadiran perempuan di parlemen, bukan hanya sebagai representasi suara perempuan, tetapi juga untuk memastikan pembuatan kebijakan yang mendukung kesetaraan gender dan hak-hak perempuan.

“Jika keberadaan perempuan sebagai penentu kebijakan negara diyakini akan menghasilkan kebijakan yang lebih pro-perempuan dan anak,” pungkasnya. (ADV/BE-S)

Foto : Ist

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *