Berita  

Teras Samarinda Lambat Selesai, Guntur Minta Perusahaan Didenda dan Diblacklist

BERITA ETAM, SAMARINDA – Komisi III Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kota Samarinda menyoroti sejumlah pekerjaan fisik yang mengalami keterlambatan.

Beberapa proyek pembangunan yang masih berjalan seperti terowongan. Teras Samarinda, dan GOR Segiri. Namun, yang menjadi sorotan adalah Teras Samarinda.

Menurut, Anggota Komisi III DPRD Samarinda Guntur menjelaksan jika harusnya ada langkah tegas, berupa sanksi atau diblacklist dari pekerjaan selanjutnya.

“Keterlambatan pembangunan proyek Teras Samarinda ini, jika menurut aturan yang berlaku, bisa diberikan toleransi sampai dengan 55 hari. Tapi jika melebihi batas yang diberikan, maka perusahaan tersebut bisa dibalcklist,” kata Guntur, Senin (19/2/2024).

Menurutnya, dengan adanya keterlambatan tersebut meskipun sudah diberikan tambahan waktu bisa menghambat pekerjaan yang lain.

“Jadi setelah diblacklist harusnya dinas terkait yang dalam hal ini Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang (PUPR) jangan lagi pakai perusahaan atau kontraktor ini,” urainya.

Bahkan, dia menilai jika kapasitas dari perusahaan ini tidak professional karena keterlambatan pengerjaan ini. Guntur mengaku bahwa pihaknya akan melakukan kunjungan.

“Komisi III berencana untuk menjadwalkan sidak ke Teras Samarinda untuk memastikan progres pekerjaan dan menilai apakah perusahaan ini layak diandalkan,” terangnya.

Sebelum diblacklist ini, Guntur meminta pihak perusahaan menyelesaikan pekerjaan sebelumnya dengan tetap memberikan denda berdasarkan hari keterlambatan.

“Dinas terkait harus mengevaluasi track record perusahaan ini. Apa perusahaan tersebut pernah mendapatkan rapor merah atau tidak,” tambahnya.

“Kami akan memprioritaskan pekerjaan murni dan perubahan yang belum selesai. Kita berharap, tindakan tegas ini dapat memastikan keberlanjutan proyek dengan lebih baik,” pungkasnya. (ADV/BE-S)

Foto : Ist

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *