Berita  

Bupati Ardiansyah: Yang Tidak Dapat Beasiswa Kaltim Tuntas,Bisa Dapatkan Beasiswa Kutim Tuntas

BERITA ETAM, SANGATTA – Rabu (24/4/2024) Bupati Kutai Timur (Kutim) Ardiansyah Sulaiman menyatakan Pemerintah Kabupaten Kutai Timur (Pemkab Kutim) memiliki program beasiswa Kutim Tuntas, sama halnya dengan Kaltim Tuntas. Hal tersebut diutarakan Bupati Ardiansyah saat membuka acara perpisahan kelas XII SMA Negeri 1 Sangatta utara, Rabu (24/4) 2024) di Gedung Serba Guna (GSG) Kawasan Perkantoran Bukit Pelangi.

“Anak-anak yang tidak mendapatkan beasiswa Kaltim Tuntas bisa mendapatkan beasiswa Kutim Tuntas, meskipun nilai nominalnya tidak sama,” ujar politikus dari Partai Keadilan Sejahtera (PKS) ini.

Lebih jauh Ardiansyah menambahkan, selain itu Baznas mengeluarkan beasiswa anak-anak Kutim yang ingin sekolah ke Mesir. Selain itu, juga telah bekerjasama dengan Sekolah Tinggi Ekonomi Islam (STEI) SEBI Depok.

“Ayo silahkan bagi siswa-siswi yang kuliah terkait ilmu ekonomi syariah. Bahkan kami juga telah menandatangani kerjasama beasiswa dengan APKASI. Mudah-mudahan ada yang berminat dan akan diberikan kuota khusus,” ujarnya.

Beasiwa APKASI juga diperuntukkan bagi guru-guru PAUD yang belum mendapatkan sarjana PAUD. Selain itu, pihak-pihak swasta seperti PT KPC dan beberapa perusahaan perkebunan juga menyiapkan beasiswa.

“Artinya, tidak ada anak-anak Kutim yang tidak memiliki peluang menjadi sarjana karena kesempatan sudah ada,” beber Bupati Ardiansyah.

Oleh karena itu, khususnya kepada siswa/siswi kelas XII yang sebentar lagi lepas dari SMA, Bupati Ardiansyah mengingatkan agar para siswa-siswi dapat melanjutkan pendidikan ke jenjang yang lebih tinggi.

Lebih jauh orang nomor satu di Pemkab Kutim ini, berterimakasih kepada SMAN 1 Sangatta Utara, yang telah mendidik anak-anak Kutim. Dirinya meyakini merekalah (anak-anak) yang nanti menjadi pemimpin masa depan Kutai Timur.

Sebelumnya, Kepala Sekolah SMAN 1 Sangatta Utara Tatik Widayani mengatakan, sekolahnya telah meluluskan 25 angkatan dan telah banyak alumni SMAN 1 Sangatta Utara yang berkiprah memajukan Kutim.

Di tahun ini lanjut Tatik, sekolahnya meluluskan 315 siswa terdiri dari 176 siswa IPA dan 139 siswa IPS. Dari semua ini sebanyak 41siswa yang sudah dinyatakan lulus masuk perguruan tinggi melalui jalur prestasi di berbagai perguruan tinggi di Indonesia.

“Untuk perguruan tinggi di Kaltim yang telah menerima siswa SMAN 1 Sangatta Utara, yaitu ITK Balikpapan, Unmul Samarinda, Politeknik Samarinda. Kemudian ada yang diterima di UGM Yogyakarta, Unhas Makassar, Untad Sulteng, Unlam Banjarmasin, dan Akamigas di Jawa,” bebernya.

Kepada seluruh siswa dirinya berpesan untuk terus melangkah dan bangkit menjadi insan yang bermanfaat. “Teruslah belajar tiada henti dan menjadi pribadi yang lebih baik untuk membahagiakan kedua orangtua,” pesan Tatik. (etm1)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *