Berita  

Samri Sebut Ganti Instalasi Listrik dan Lakukan Cek Berkala Kurangi Potensi Kebakaran

Samarinda – Banyaknya kebarakan belakangan ini membuat berbagai pihak menjadi khawatir, salah satunya Anggota Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kota Samarinda.

Menurut, Wakil Ketua Komisi III DPRD Samarinda, Samri Shaputra bahwa sekadar edukasi belum terlalu efektif.

Di mana, dia menilai usaha Dinas Pemadam Kebakaran (Damkar) untuk memperingatkan masyarakat agar berhati-hati terhadap kebakaran belum memberikan dampak.

“Langkah yang sebaiknya diambil adalah dengan mengganti instalasi listrik bisa menjadi langkah yang efektif untuk mengurangi risiko terjadinya kebakaran,” ungkap Samri.

Hal itu diaungkapkan, sebab dimasyarakat ternyata masih banyak instalasi listrinya belum diganti. Hal ini tentu bisa menjadi pemicu terjadinya arus pendek dan konsleting.

“Jadi masih banyak orang yang menggunakan instalasi listrik lama, yang menyebabkan ketidakseimbangan tegangan listrik antara meteran dan kabel,” tegasnya.

Menurutnya, Damkar harusnya lebih menekankan pada masyarakat terkait dengan hal ini. Di mana, masyarakat lebih diarahkan untuk mengganti instalasi listrinya.

“Permasalahan instalasi listrik lama ini telah menjadi salah satu faktor utama yang menyebabkan kebakaran diberbagai termpat. Termasuk rumah tinggal hingga bangunan untuk usaha,” bebernya.

Dengan kondisi seperti itu, maka bisa mengqakibatkan terjadinya konsleting listrik yang berpotensi memicu kebakaran sehingga merugikan banyak orang.

“Nanti setelah diganti ihnstalasinya, jangan dibiarkan saja. Harus beberapa kali dilakukan pengecekkan, harus ada perawatannya juga, termasuk kabel-kabelnya,” pungkasnya. (ADV/BE-S/Foto : Ist)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *