Berita  

Ubah Rp1 Juta Menjadi Rp1 Miliar dalam 10 Tahun: Mimpi atau Kenyataan?

BERITA ETAM, SANGATTA – Pernahkah Anda membayangkan memiliki Rp1 miliar hanya dalam 10 tahun dengan modal awal Rp1 juta? Bagi sebagian orang, hal ini mungkin terdengar seperti mimpi yang mustahil. Namun, dengan kekuatan “compounding”atau bunga majemuk, mimpi ini bukan lagi hal yang mustahil untuk diraih.

Apa itu Compounding?

Compounding adalah efek di mana keuntungan investasi Anda dihitung tidak hanya dari modal awal, tetapi juga dari keuntungan yang telah diperoleh sebelumnya.

Secara sederhana, metode compounding diartikan sebagai investasi yang dilakukan investor dalam tujuan jangka panjang dengan menyisihkan porsi investasi dari penghasilan setiap bulannya selama terus-menerus dalam periode tertentu.

Bagaimana Cara Kerja Compounding?

Mudahnya, compounding dilakukan dengan cara menginvestasikan pendapatan yang didapat dari sebuah investasi. Katakanlah Anda menginvestasikan uang senilai Rp 1 juta pada instrumen saham dalam jangka waktu 1 tahun dan mendapatkan keuntungan senilai 10% atau setara dengan Rp 100.000.

Pada tahun berikutnya, keuntungan senilai Rp 100.000 ikut diinvestasikan sehingga modal Anda menjadi Rp 1,1 juta dan bukan Rp 1 juta. Pada akhir tahun, imbal hasil yang didapatkan adalah sama yakni 10%. Namun, jika dilihat nominalnya, imbal hasil yang kini didapat adalah Rp 110.000

Sekilas, hal ini terlihat sepele. Keuntungan yang didapat investor ketika melakukan compounding untuk pertama kali hanyalah senilai Rp 10.000. Untuk membeli makan siang saja, rasanya uang tersebut tak akan cukup. Karena inilah, walaupun cukup dikenal, metode compounding tak banyak dipraktekkan oleh investor.

Hal ini juga bisa diterapkan pada bursa saham baik yang ada di Indonesia maupun Luar Negeri, setiap hasil keuntungan yang kita dapatkan setiap transaksi akan dimasukkan kembali menjadi modal awal untuk membeli saham kembali tanpa mengurangi dana tersebut .Namun sejatinya, dalam jangka panjang metode ini membuat perbedaan yang sangat signifikan. Proses ini terus berulang setiap tahunnya, menghasilkan efek bola salju di mana keuntungan akan semakin besar seiring waktu.

Bagaimana Menghitung Compounding?

Untuk menghitung berapa lama waktu yang dibutuhkan untuk mencapai target keuangan Anda dengan compounding, Anda dapat menggunakan rumus berikut:

T = log(A / P) / log(1 + r)

-T : adalah waktu yang dibutuhkan dalam tahun
– A : adalah target keuangan Anda
– P : adalah modal awal Anda
– r : adalah tingkat bunga tahunan

Contoh Perhitungan:

Misalkan Anda ingin mencapai target keuangan Rp1 miliar dengan modal awal Rp1 juta dan tingkat bunga tahunan 10%.

Dengan memasukkan nilai-nilai tersebut ke dalam rumus, kita dapatkan:

“`
T = log(1.000.000.000 / 1.000.000) / log(1 + 0,1)
T ≈ 10 tahun
“`

Tips Mencapai Target Keuangan dengan Compounding:

– Mulai berinvestasi sedini mungkin. Semakin awal Anda memulai, semakin banyak waktu yang Anda miliki untuk compounding bekerja dengan maksimal.
– Investasikan secara konsisten. Tambahkan dana secara berkala ke investasi Anda, meskipun jumlahnya kecil. Konsistensi adalah kunci utama dalam compounding.
– Pilihlah instrumen investasi yang tepat. Ada berbagai instrumen investasi yang tersedia, seperti deposito, reksadana, saham, dan obligasi. Pilihlah instrumen yang sesuai dengan profil risiko dan tujuan keuangan Anda.
– Bersabarlah. Compounding membutuhkan waktu untuk bekerja dengan maksimal. Jangan berharap untuk menjadi kaya raya dalam waktu singkat.

Mencapai Rp1 miliar dalam 10 tahun dengan modal awal Rp1 juta bukan lagi hal yang mustahil dengan kekuatan compounding. Dengan disiplin, konsisten, dan memilih instrumen investasi yang tepat, Anda dapat mewujudkan mimpi keuangan Anda.

Ingatlah bahwa ini hanya contoh atau disclaimer dan hasil yang sebenarnya mungkin berbeda. Penting untuk berkonsultasi dengan perencana keuangan profesional sebelum membuat keputusan investasi.

Penulis : Riska febriana
Ekonomi syariah STAI Sangatta

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *